Jakarta – Pemanfaatkan kekayaan intelektual (KI) karya kreator lokal dalam melakukan strategi promosi juga branding perlu dilakukan dalam dunia usaha. Itulah yang didorong Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.
Menparekraf Sandiaga dalam “Temu Bisnis Optimalisasi Kekayaan Intelektual Lokal” di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Selasa (26/03/2024), mengatakan Indonesia memiliki potensi kekayaan intelektual yang sangat beragam.
Potensi ini perlu dioptimalisasi melalui inovasi dan penguatan promosi terhadap pasar atas karyanya, salah satunya melalui temu bisnis ini.
“Ini merupakan komitmen kami di Kemenparekraf untuk mengembangkan komersialisasi KI lokal. Sehingga bisa bersaing dengan KI internasional,” kata Sandiaga.
Menparekraf Sandiaga mengungkapkan dalam event ini pihaknya mempertemukan para kreator KI lokal dengan dunia usaha dan BUMN. Sehingga pasar dari para kreator lokal ini bisa semakin besar dengan membuka potensi kerja sama antara kreator lokal dan dunia usaha.
Ia pun mendorong agar kreator lokal dapat terus melakukan inovasi dan memperkuat promosi karya ke pasaran.
“Bersama Kementerian BUMN, kami mendorong agar produk-produk KI lokal dimanfaatkan oleh BUMN dan BUMD untuk branding, promosi, penguatan produk, dan membangkitkan semangat penggunaan produk buatan Indonesia,” katanya. (Fchan-1)